Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutera (Tubifex)

Advertisement
[Info Peluang Usaha Online] Saat ini kebutuhan akan cacing sutera memang tidak terbatas karena banyaknya usaha budidaya perikanan. Sedangkan para penyedia cacing sutera belum bisa memenuhi sepenuhnya permintaan yang ada. Cacing sutera hasil tangkapan dari alam tidak sepanjang waktu tersedia. Cacing ini biasanya mudah dijumpai pada saat musim kemarau dimana air sungai surut. Namun pada saat musim penghujan dimana air sungai meluap, habitat cacing akan tersapu air sungai sehingga sulit diperoleh dan menyebabkan pasokannya menurun drastis. Maka budidaya cacing tubifex ini pun menjelma menjadi peluang emas yang dapat mendatangkan rejeki karena kebutuhan pasar yang tinggi, minim lahan dan minim biaya pemeliharaan.

Cacing sutera merupakan salah satu pakan favorit ikan, terutama ikan air tawar. Cacing ini memiliki kandungan gizi dan protein tinggi, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan.


Cacing sutera untuk pakan ikan

Harga cacing sutera kurang lebih Rp 45.000 per liter. omzet bisa mencapai sekitar Rp 15 juta per bulan. Sebagian besar konsumen merupakan para budidaya ikan air tawar dan dari pemasok pakan ikan.

Dalam usaha budidaya cacing darah atau cacing sutera ini ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan seperti aspek teknis, ekonomis dan sosial. Aspek pertama adalah aspek teknis yang mempertimbangkan teknik budidaya termasuk lokasi budidaya cacing sutera. Budidaya cacing ini bisa dilakukan dikolam tanah yang subur unsur hara, tidak mengandung bahan cemaran kimia berbahaya, sumber air bisa dari sumur atau sungai yang sudah diendapkan untuk menghindari adanya bahan kimia yang berbahaya dalam budidaya cacing sutera. Selain kolam tanah, budidaya cacing bisa menggunakan kolam terpal yang saat ini populer sebagai media budidaya pengganti tanah atau semen. Namun kekurangan kolam tanah dan terpal adalah penyediaan lahan budidaya yang luas dan ratio antara luas area dan jumlah panen yang kurang maksimal. Sehingga kedua media budidaya ini kurang optimal.

Budidaya cacing sutera bisa dilakukan dengan media lahan nampan

Saat ini yang baru dikembangkan adalah budidaya cacing sutera dengan menggunakan nampan plastik dan disusun dalam rak vertikal sehingga hemat lahan dan memaksimalkan hasil panen.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam usaha budidaya cacing sutera (tubifex) dalam kolam:

1. Persiapan Kolam

  • Luas kolam bisa disesuaikan dengan luas areal yang ada. Namun, ukuran idealnya sekitar 1 meter (m) x 2 m.
  • Setiap kolam harus memiliki banyak endapan lumpur halus dan dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. Setiap kubangan lumpur dibuat petakan kecil ukuran 20 cm x 20 cm dengan tinggi badengan sekitar 10 cm.
  • Lahan diberi dedak halus dan pupuk kandang yang sudah dijemur selama enam jam. Selain itu, harus juga disiapkan bakteri EM4 untuk fermentasi pupuk kandang.
  • Fermentasi penting karena dapat menaikkan kandungan N-organik dan C-organik sebanyak dua kali lipat. Hasil fermentasi yang sudah bercampur lumpur ini akan menjadi pakan cacing. Selama fermentasi, lahan direndam air setinggi 5 cm selama empat hari.
  • Selanjutnya bagian atas endapan air dibuang atau diturunkan mencapai 5 centimeter (cm)– 10 cm dari permukaan lumpur.
  • Kemudian lumpur diratakan dengan serok kayu dan dibiarkan selama beberapa hari, hingga lumpur halus yang ada di kolam cukup banyak. “Pastikan juga kolam steril dari hewan yang menjadi hama cacing sutera.
  • Setelah siap, kolam dialiri air dengan debit dua sampai lima liter per detik. Petani juga harus memasang atap untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam.

2. Menaburkan Bibit Cacing Sutera

Selanjutnya, taburkan bibit cacing sutera sebanyak 10 gelas (2-3 liter) ke dalam kolam dan diisi air 5 cm – 7 cm. Bibit cacing ini bisa dibeli di pasar atau bibit cacing bisa juga diambil dari alam seperti sungai, selokan, parit yang kaya organik atau dari hasil budidaya. Bibit cacing dapat diambil dengan bantuan serokan kain kasa halus dan diambil dengan hati-hati agar tidak banyak bibit cacing yang mati. Bibit cacing yang terkumpul kemudian dibersihkan dengan air bersih hingga gumpalan-gumpalan lumpur hilang dan tinggal cacing yang terlihat sudah bersih.

3. Panen Cacing Sutera

  • Panen pertama dapat dilakukan setelah cacing berumur 75 hari. Untuk selanjutnya dapat dipanen setiap 15 hari.
  • Waktu panen cacing sutera dilakukan pagi atau sore hari dengan cara menaikkan ketinggian air sampai 60 cm. Dengan begitu, cacing akan naik jadi mudah dipanen.
  • Selain endapan lumpur, cacing juga harus diberi makanan setiap hari. Pakannya bisa ampas tahu atau kotoran ayam.
  • Selama perawatan, cacing juga harus dijauhkan dari anak kodok yang gemar menyantap cacing ini.

4. Pasca Panen

Pasca panen perlu diperhatikan agar kualitas hasil panen cacing sutera berkualitas dan masih bagus saat diterima oleh konsumen. Penanganan pasca panen memperhitungkan jarak atau lama waktu pengiriman. Bila jarak tempuh yang jauh sehingga distribusinya menjadi lama maka cacing sutera perlu dimasukkan kedalam kemasan tertutup/plastik dengan diberi oksigen yang cukup, namun bila jarak atau waktu pengiriman tidak terlalu lama maka cacing sutera bisa ditempatkan dalam wadah terbuka.

Nah, itulah Info Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutera (Tubifex) yang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha yang bisa dilakukan di lingkungan rumah. Karena budidaya cacing sutera bisa juga dilakukan ditempat yang tidak memerlukan lahan yang luas.

Selamat mencoba, dan salam sukses...



Referensi: epetani, budidayausaha

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

5 Responses to this post

  1. Obat Tradisional on 16 April 2014 17.36

    geli ngliatnya mas..

  2. Penghuni 60 on 16 April 2014 17.39

    Wah, bikin blog baru lg ya sob? emang yg itu jd keblokir ya?

  3. Innfo Peluang Usaha on 17 April 2014 08.26

    @Obat Tradisional:
    hehe, masa sih?

    @Penghuni 60:
    iya nih mas wawan, mana blm saya back up, terpaksa bikin lg

  4. Rizky PrimaPutra on 8 Oktober 2016 01.18

    Pak bila kami memiliki tubifex kemana harus jualnya, bisakah mengajukan kontrak dengan perusahaan-perusahaan dengan kuantitas & kontinueitas yang stabil, mohon penjelasanya

  5. Rizky PrimaPutra on 8 Oktober 2016 01.18

    Pak bila kami memiliki tubifex kemana harus jualnya, bisakah mengajukan kontrak dengan perusahaan-perusahaan dengan kuantitas & kontinueitas yang stabil, mohon penjelasanya

Leave a comment

Copyright © 2014-2015 Info Peluang Usaha Online. All Rights Reserved.
Xhilaration theme by Dreamweaver. Converted by O Pregador sponsored by O Pregador